responsive.txt

Makassar- Sulawesi Selatan. Semakin kondusifnya situasi keamanan di Kabupaten Yolimo dan Boven Digoel Provinsi Papua pasca sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum ( PHPU ) tahun 2020 di Mahkamah Konstitusi, membuat Institusi Kepolisian Negara Republik Indonesia menarik 1 dari 2 SSK ( Satuan Setingkat Kompi ) personel Satbrimob Polda Sulsel BKO Polda Papua kembali ke Makassar.

Adapun 1 SSK personel Brimob Sulsel yang ditarik kembali ke wilayah asal adalah pasukan yang bertugas di Kabupaten Boven Digoel Provinsi Papua. Penarikan 1 SSK Personel Brimob ini didasari oleh situasi Kamtibmas Boven Digoel yang masih kondusif dan pelaksanaan PSU ( Pemungutan Suara Ulang ) masih dalam proses perencanaan. Sedangkan untuk 1 SSK personel Brimob Polda Sulsel yang bertugas di Kabupaten Yolimo Papua tetap berada di sana karena pemungutan suara ulang akan dilaksanakan pada tanggal 5 Mei mendatang hingga pleno penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil PSU.

Saat dikonfirmasi oleh awak media, Komandan Batalyon Penugasan ( Danyon Gas ) Satbrimob Polda Sulsel BKO Polda Papua Kompol Nur Ichsan,.S.Sos. membenarkan perihal kepulangan 1 SSK Brimob Sulsel termasuk dirinya kembali ke Sulawesi Selatan setelah menjalankan tugas pengamanan tahapan Pilkada 2020 di Provinsi Papua.

responsive.txt

” Alhamdulillah hari ini 1 SSK personel Satbrimob Polda Sulsel BKO Polda Papua telah kembali ke Sulsel dalam keadaan lengkap dan sehat setelah menjalankan tugas kurang lebih 1 bulan di Kabupaten Boven Digoel. Kemudian sebelum kembali bertemu dengan keluarga, pasukan Brimob BKO ini akan menjalani pemeriksaan kesehatan dan swab setelah menjalankan tugas,” ungkap Danyon Gas via telepon siang tadi ( Kamis, 15/04/21 ).

Kompol Nur Ichsan juga menambahkan bahwa seluruh personel Brimob Sulsel yang baru saja kembali dari tempat tugasnya tersebut mengaku siap kembali bertugas ke tempat mereka apabila negara membutuhkan.

” Meskipun saat ini kami telah ditarik pulang kembali ke Sulsel, kami juga akan selalu siap apabila ada panggilan tugas kembali ke daerah tersebut sebagai wujud dari Bhakti Brimob Untuk Indonesia,” ujar Kompol Nur Ichsan.

Kepulangan 1 SSK personel Satbrimob Polda Sulsel BKO Polda Papua ini juga diikuti oleh kepulangan Danyon Gas. Hal ini dibenarkan oleh Komandan Satuan Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis,. P.S., S.I.K.,M.Si. saat ditemui oleh awak media.

” Karena bukan lagi dalam ikatan Batalyon Penugasan, jadi kepulangan 1 SSK personel Satbrimob Polda Sulsel BKO Polda Papua juga diikuti dengan kepulangan Danyon Gas dari pasukan ini. Sehingga saat ini sisa pasukan Brimob Polda Sulsel yang masih bertugas di Polda Papua tepatnya di Kabupaten Yolimo adalah 1 SSK dan dipimpin oleh Komandan Kompi Penugasan,” jelas Kombes Pol. Muhammad Anis.

Setelah tiba di Kota Makassar Sulawesi Selatan, 1 SSK personel Brimob BKO Polda Papua akan langsung menjalani pemeriksaan kesehatan dan swap test yang bertempat di Mako Batalyon A Pelopor Pa’baeng-baeng untuk memastikan jika seluruh personel dalam kondisi sehat dan tidak terpapar Covid 19 pasca menjalankan tugas.

Kedatangan 1 SSK personel Brimob Sulsel ini juga disambut langsung oleh Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol Drs Merdisyam, M.Si dalam acara penyambutan 1 SSK Sat Brimob Polda Sulsel BKO Polda Papua yang dilaksanakan di Masjid Nurul Qolbi Mako Batalyon A Pelopor dan dirangkaikan dengan acara buka puasa bersama.

responsive.txt
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *