Informasi Terkini
Hukum  

LPP Sungguminasa lakukan Penyuluhan No PUNGLI kepada warga binaan

Gowa- Sungguminasa (22/10/2020), dalam rangka mencegah terjadi Pungutan Liar (PUNGLI) dalam LPP Kelas IIA Sungguminasa terkhususnya pada bagian Bimbingan Narapidana dan Anak Didik (Binadik), tak menyurutkan semangat Kepala Seksi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik (Kasi Binadik ) Indah Dewi Kartika Sari yang didampingi staf Binadik Rina Astina serta komandan regu pengamanan, untuk memberikan penyuluhan mengenai tidak adanya biaya yang dikenakan dalam pengurusan Cuti Bersyarat (CB), Pembebasan Bersyarat (PB), Asimilasi, dan remisi. Selain penyuluhan terkait CB, PB Asimilasi tersebut, tak pula juga dilakukan Penyuluhan penggunaan Budiman (BPU Digital dan Mandiri). Kegiatan penyuluhan ini berlangsung di aula dalam blok hunian warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Pada kegiatan penyuluhan tersebut, Kasi Binadik menekankan kepada seluruh warga binaan pemasyarakatan (WBP) untuk berani melaporkan oknum petugas yang melakukan PUNGLI pada pengurusan terkait CB,PB, Asimilasi, dll. kepada kepala LPP Kelas IIA Sungguminasa atau mengadukan kepada Petugas yang memiliki wewenang untuk mengambil tindakan tegas terhadap oknum pegawai yang melakukan Pungli.
“Jika kalian merasa ada yang dimintai bayaran maka langsung lapor sama ibu, jangan segan dan jangan takut untuk menyampaikan kebenaran kepada saya”. Ungkap Kasi Binadik dihadapan seluruh WBP.


Selain itu, LPP Kelas IIA Sungguminasa juga memiliki salah satu inovasi unggulan yakni BUDIMAN (BPU Digital, dan Mandiri). Budiman ini dibuat untuk mencegah beredarnya uang tunai pada warga binaan, transaksi warga binaan dilakukan secara digital seperti transfer uang, pemotongan belanja dll. Terkhusus untuk transfer uang, bagi keluarga WBP yang ingin mentransferkan uang ke BPU Digital dapat mentransferkannya ke nomor rekening pengelola BPU yang resmi dengan tujuan untuk menghindari adanya Pungli jika melakukan transaksi diluar nomor rekening yang resmi.

“Jika ingin melakukan transaksi seperti transfer uang ke rekening kantor atas nama Rina Astina jadi jangan mentransfer ke nama petugas yang lain”, tegas Rina Astina staf Binadik

Diakhir penyuluhan, Kasi Binadik Indah Dewi Kartika Sari menegaskan kembali kepada seluruh WBP bahwa tidak ada biaya yang dikenakan dalam pengurusan CB,PB, Asimilasi dll di Lapas Perempuan Kelas IIA Sungguminasa,
“Kami ikhlas membantu kalian, jadi mohon juga kalian lebih bijak dalam berkata dan mengemukakan pendapat tanpa didasarkan fakta yang jelas.” Ungkap Rina Astina staf Binadik.

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif